Iklan

Berita PilihanNational

Mesir tangkap wartawan lokal dengan tuduhan terorisme

Friday, May 15, 2020, May 15, 2020 WAT
Last Updated 2020-05-15T12:11:57Z
Ilustrasi

WORLD NEWS //- Petugas keamanan Mesir menahan seorang jurnalis di sebuah surat kabar besar dengan tuduhan terorisme, kata pengacaranya, suatu langkah yang dikutuk keras oleh kelompok advokasi pers global, Kamis.
Petugas masuk ke rumah Haisam Hasan Mahgoub di ibukota Kairo awal pekan ini, menyita teleponnya dan menangkapnya, kata pengacara Karim Abdelrady.
Mahgoub, koresponden reguler di harian independen Mesir Al Masry Al Youm, diinterogasi oleh jaksa pada Rabu dan ditahan dengan tuduhan bergabung dan membiayai "kelompok teroris" serta menyebarkan "berita palsu" yang mengancam keamanan nasional, kata Abdelrady.
Jaksa penuntut tidak merinci apa yang disebut "berita palsu". Para pejabat Mesir semakin mengerahkan tuduhan yang tidak jelas untuk membungkam dan memenjarakan para kritikus dalam tindakan keras pemerintah dan seringkali tindakan keras terhadap pembangkangan.
Jurnalis lain, fotografer lepas Moataz Abdel Wahab, juga menghadapi dakwaan dalam kasus yang sama, tambah Abdelrady.
Komite Perlindungan Jurnalis, organisasi pengawas yang berbasis di New York, mengaitkan penangkapan Mahgoub dengan tindakan keras dalam bayang-bayang pandemi virus corona, mencatat bahwa Mahgoub baru-baru ini meliput kisah-kisah minat manusia tentang krisis kesehatan.
"Di saat pemerintah di seluruh dunia membebaskan tahanan selama masa COVID-19, Mesir malah membuat penjaranya penuh dengan jurnalis alih-alih membiarkan mereka meliput pandemi dan berita lainnya secara bebas," kata Sherif Mansour, koordinator kelompok itu untuk wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara.
Kementerian dalam negeri Mesir tidak segera menanggapi permintaan komentar.
Sejak berkuasa pada 2013, Presiden Abdel Fattah el-Sissi berusaha untuk menghancurkan oposisi, mencap pengkritiknya sebagai teroris dan memaksa institusi media untuk menghapus berita resmi.
Pemerintah menggunakan darurat COVID-19 untuk semakin memperketat cengkeramannya, kata kelompok hak asasi.
Pada Maret, Mesir mengusir koresponden untuk surat kabar Inggris The Guardian atas sebuah artikel yang mengindikasikan bahwa tingkat infeksi virus corona mungkin lebih tinggi daripada yang dilaporkan secara resmi.
Lebih dari selusin orang telah ditahan atau menghukum mereka yang menyebarkan berita soal wabah di media sosial.

TrendingMore