Desa Cisampih Gelar Musdes Dibarengi Penyerahan Aset BUMDES -->
Cari Berita

Advertisement

Desa Cisampih Gelar Musdes Dibarengi Penyerahan Aset BUMDES

Tuesday, January 19, 2021



SUBANG - WORLD News | Musyawarah Desa perencanaan pembangunan tahunan dalam rangka penyusunan RKP Desa tahun 2021 Desa Cisampih, Kec.Dawuan, Kab.Subang digelar di gedung Aula Desa Selasa 19/01/2021.

Musdes dipimpin langsung Kepala Desa Cisampih, Abun Saripudin, didampingi Ketua BPD yang kerap disapa Madun, Sekertaris Desa, Kasi Pemerintahan dan dihadiri para kepala dusun (Kadus), ketua RT/RW, serta sebagian masyarakat Desa Cisampih.


Dalam Musdes tersebut ada point' penting yaitu penyerahan aset BUMDES dari pemerintahan Desa terhadap para pengelola BUMDES.

Dalam sambutanya Kades Abun Saripudin menjelaskan beberapa poin, salah satunya penyerahan (serah terima) Aset kepemilikan BUMDES oleh pihak pemerintahan Desa kepada pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

"Pada poin pertama pihak pemerintahan desa akan menyerahkan kepada pengurus BUMDES yang menjadi aset BUMDES," buka Abun pada awal sambutanya.

Masih tutur Abun, kita perlu menopang kegiatan BUMDES yang sifatnya kegiatan usaha lebih spesifik. Harapannya kedepan kaitannya dengan pengembangan usaha produktif, yang rencananya dengan adanya kegiatan pasar Desa dan pariwisata Desa, BUMDES akan lebih maju.

"Mudah mudahan dua kegiatan ini bisa menjadi modal kegiatan usaha ekonomi yang ada di Desa kita, karena BUMDES dikita masih belum mapan dikarenakan usahanya masih kecil, satu satunya jalan harus ada potensi yang ada kaitannya dengan pendapatan, pengembangan, penyerapan usaha,"jelasnya.

Rencana Kerja Pemerintahan (RKP) Desa demi terwujudnya RPJM Desa, dijelaskan Ketua BPD Cisampih Madun dalam sambutanya,

"Seperti kita ketahui Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKP) Desa sudah merupakan kewajiban yang harus dibuka di awal tahun," ucapnya.


"Adapun sebagai mitra kerja pemerintah, kami sangat mendukung sekali ketika ada niatan baik (nawaetu mulia) bahwa BUMDES yang akan datang akan diberikan kembali modal dan mudah mudahan BUMDES bisa berjalan sesuai prosedur,"ungkapnya.

"Kami dari BPD beserta pemerintahan desa yang ikut di leading sektor,  mengharapkan BUMDES Desa Cisampih bisa menggali potensi potensi ekonomi serta para pelaku usaha yang ada di desa Cisampih lebih maju seperti di ucapkan Pak Kades," tuturnya.

Usai memaparkan berbagai Poin, dalam Kegiatan Musdes diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh salah seorang ustad setempat.

Red/Hasanudin