Iklan

Profil Daerah

Siska Antoni Petani Milenial Muda

Thursday, February 23, 2023, February 23, 2023 WAT
Last Updated 2023-02-23T12:48:07Z

SUMATERA SELATAN ||Siska Antoni adalah seorang petani milenial muda yang giat membudidayakan nanas di tempat asalnya Kota Prabumulih, luasan lahan yang dikelola seluas 12 Ha yang berlokasi di Kelurahan Karang Jaya Kota Prabumulih

Dikatakan Siska Antoni, dari 12 Hektar yang tertanam berjumlah seluas 4 Hektar, empat hektar tersebut kini dijadikan Agrowisata Nanas.

Alur cerita sejarah RW.05 Kelurahan Karang Jaya yaitu adalah desa trans atau desa tertinggal, bahkan orang lainpun tidak ingin masuk ke lokasi desa tersebut karena itu desa terpencil.tutur dia.

Lanjut dia,di penghujung suatu kelurahan Karang Jaya ini, atas gagasan dan motivasinya dari sosok pria yang bertubuh kekar ini, lahan pertanian agrowisata nanas tersebut kini diKunjungi oleh pihak kementerian pertanian.

Kampung yang dulu tidak dilirik bahkan dicemooh kan, kini perkebunan nanas Siska Antoni dikunjungi oleh pejabat dari tingkat Daerah sampai pusat.

Alhamdulillah dari kerja keras pertanian nanas ini kami bisa lebih dikenal luas bahkan sampai nasional berharap sampai go internasional, dan ini yang membuat kami bangga.

Dirinya pun senang bahwa di tanggal 23 Februari ini ada Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS) dari Kementerian Pertanian

Wakil menteri pertanian akan menjadikan Siska Antoni menjadi Duta Merek pemasaran untuk seseorang atau grup yang dipekerjakan dengan dikontrak oleh sebuah organisasi atau perusahaan untuk mempromosikan suatu merek dalam bentuk produk atau jasa, baik hubungan nasional maupun internasional.

YESS Programme dirancang untuk menghasilkan wirausahawan muda pedesaan serta menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian. Melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS), Kementerian Pertanian menciptakan wirausaha milenial yang tangguh dan berkualitas

Selain bermanfaat Buah Nanas juga berkhasiat untuk Kesehatan
Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.
Menurunkan Tekanan Darah.
Membantu Kesehatan Mental.
Membantu Mengurangi Risiko Kanker.
Mengobati Batuk dan Pilek.
Memperkuat Tulang.
Menjaga Kesehatan Mata.
Mempercepat Pemulihan Setelah Operasi dan Latihan Berat.

Siska Antoni pun terus beredukasi dalam pengolahan buah-buahan menjadi aneka camilan dan minuman sudah banyak yang dilakukan oleh Siska Antoni, terutama di daerah sentra penghasil buah atau daerah Agrowisata Nanas. Hal ini karena besarnya potensi hasil pertanian dan perkebunan, serta kebutuhan pasar yang terus meningkat dan terbuka lebar terhadap aneka camilan dan minuman dari olahan buah. Dalam proses pengolahan camilan buah seperti keripik buah,untuk itu Siska Antoni yang merupakan petani milenial tersebut ingin terus mengembangkan hasil taninya, sampai kemancanegara

Masih dikatakannya Siska Antoni, Salah satu limbah kulit buah yang dapat diolah dan bernilai ekonomis tinggi adalah kulit buah nanas. Kulit buah nanas merupakan limbah organik yang mengandung banyak nutrisi dan dapat diolah ulang baik untuk makanan atau minuman. Salah satu olahan yang dapat dihasilkan dari kulit buah nanas adalah Sirup Kulit Buah Nanas.

Ditempat yang sama, Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi, menyempatkan menanam nanas.

Harvick Hasnul Qolbi, melakukan kunjungan kerja Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan, Selasa 21 Februari 2023.

Kunjungan kerja tersebut dalam Rangka Pengembangan Kawasan Budidaya Tanaman Nanas di Trans Bunut RT 001 RW 005 Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

Kehadiran Harvick Hasnul Qolbi di lokasi sekitar pukul 11.00 Wib disambut ribuan warga Kota Prabumulih dan pelajar.

Wamentan Harvick Hasnul Qolbi didampingi Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya dan Wakil Wali Kota Prabumulih Andriansyah Fikri.

Setiba dilokasi, Harvick Hasnul Qolbi langsung melakukan pemotongan pita tanda dibukanya kawasan budidaya tanaman nanas dan mencicipi nanas Prabumulih yang sudah disiapkan di pondok di tengah kebun nanas.

"Rasanya manis sekali," ujar Wamentan, Harvick Hasnul Qolbi, sambil mengunyah nanas kuning yang sudah dikupas.

Tak hanya itu, pria berkacamata itu pun juga melakukan penanaman nanas secara simbolis bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah

Fardinal

TrendingMore