Iklan

Ragam daerah

Tiga Peserta Terbaik Dapatkan Uang Pembinaan Dalam Lomba Karya Tulis Diskop Way Kanan

Monday, July 26, 2021, July 26, 2021 WAT
Last Updated 2021-07-26T12:24:21Z

Waykanan - WORLD NEWS - Dari tiga kategori lomba karya tulis populer yang diselenggarakan Dinas Koperasi Way Kanan, Lampung, masing-masing tiga peserta dinyatakan meraih juara setelah dilakukan presentasi oleh tim juri.
Para peraih juara tersebut, kategori mahasiswa/pelajar berhasil meraih juara satu,dua dan tinga masing-masing, Jesy Paramita,  Ranika Alya Ramadian dan Lutfi Saputra. Sedangkan kategori Jurnalis peraih juara masing-masing, Asep Setiawan, Azhari Ardian dan Heriyanto. 

Sementara kategori masyarakat umum, juri memberikan nilai tertinggi kepada tiga peserta masing-masing, Rudiyanto, Rizka Utari Karlinda dan Sigit Dwi Sunardi. 

“Alhamdulillah, semua berjalan dengan baik, dan seleksi dilakukan ketat oleh para dewan juri. Ada lima.orang dewan juri termasuk yang berprofesi dosen dan juga pemimpin redaksi,” kata Dedi Iskandar,M.H, Kepala Bidang pberdayaan dan pengembangan Koperasi mewakili Kadis Koperasi Way Kanan, Edwin Bavur, usai presentasi peserta di Aula Diskop setempat, Sabtu (24/07).


Menurutnya,  dalam lomba tersebut diikuti sebanyak 41 peserta, dibagi dalam ketagori, kategori mahasiswa/pelajar diikuti 11 peserta, Ketegori jurnalis 5 peserta dan kategori umum sebanyak 25 peserta. 

“Lomba ini mengambil tema “Pemulihan Ekonomi Dimasa Pandemi Covid 19 Melalui Koperasi dan UMKM”. Sebelumnya para peserta mengirimkan karya tulis mereka ke email panitia, kemudian dilakukan penilaian oleh tim juri. Hasil dari penilaian itu diperoleh tiga besar dari masing-masing Ketegori. Nah, peserta yang masuk tiga besar itu kemudian mempresentasikan hasil karya tulisnya dihadapan lima juri,” ujar Dedi.

Setelah presentasi, kata Dedi, juri menentukan pemenang terbaik satu hingga tiga dimasing-masing kategori. “Puncaknya dipresentasi pada Sabtu ini tadi. Alhamdulillah pemenang akan diberikan uang pembinaan dan tropy serta piagam penghargaan. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada para juri dan juga panitia yang telah mau mensukseskan acara ini dalam.rangka HUT koperasi ke 72 tahun,” katanya.

Sementara itu, Warseno, salah seorang juri dari unsur jurnalis mengapresiasi terhadap Dinas koperasi Way Kanan yang sudah mau memberikan ruang bagi para peserta untuk menuangkan karya mereka. 

“Kalau dilihat dari jalurnya sebenarnya ini bukan jalur dinas koperasi, harusnya dinas terkait itu ya dinas pendidikan. Makanya saya sangat apresiasi sekali terhadap dinas Koperasi Way Kanan ini, mereka sudah mau memberikan ruang untuk pemuda menuangkan hasil karyanya. Semoga kedepan akan terus berlanjut,” ujarnya.

Lebih lanjut Warseno menerangkan bahwa, 
Jika saat ini lomba hanya diikuti 41 peserta kedepan harapanya dapat lebih banyak lagi. 

“Memang tidak mudah mengajak orang untuk berkarya. Saya yakin kedepan akan lebih banyak lagi yang ikut. Karena dengan karya mereka yang melalui penelitian atau penelusuran itu akan bisa dijadikan acuan untuk pengembangan ekonomi,” kata dia. 

Sebagaimana diketahui, 
Tim penilai atau juri yang melakukan seleksi itu, Dr. Usep Syaipudin, S.E., M. S.Ak, Warseno, Sarippudin, S. E., M. S. E, Apri Medianingsih, M. Pd dan Saipudin, S. Sy., MM .




Laporan : (Jumadi)

TrendingMore