Iklan

INTERNATIONAL

Ketakutan meningkat soal migran yang sekarat 'tanpa terlihat' di Mediterania

Friday, May 15, 2020, May 15, 2020 WAT
Last Updated 2020-05-15T11:58:22Z
Ketakutan meningkat soal migran yang sekarat 'tanpa terlihat' di Mediterania

WORLD NEWS //- Semakin banyak imigran menyeberang laut, namun Eropa menutup pelabuhannya dan tidak ada kapal kemanusiaan yang melakukan penyelamatan. Ketika pandemi virus corona mendominasi berita utama, kalangan aktivis khawatir Mediterania sebagai tempat "tragedi" yang diabaikan.
Sejumlah pendaratan imigran telah terjadi dalam beberapa pekan terakhir, termasuk 79 orang yang tiba akhir pekan lalu di Italia - sebuah negara yang dikecam bahkan sebelum wabah merebak karena menolak untuk mengizinkan kapal-kapal pribadi yang membawa para migran untuk berlabuh.
Organisasi internasional dan LSM mengatakan situasinya suram, karena semua operasi penyelamatan dihentikan pekan lalu.
"Jika tidak ada bantuan di laut dan negara-negara enggan untuk menyelamatkan dan membiarkan orang turun, kita akan berakhir dengan situasi kemanusiaan yang cukup serius," kata Vincent Cochetel, utusan khusus untuk kawasan Mediterania tengah pada badan PBB urusan pengungsi (UNHCR).
Dia memperkirakan bahwa 179 orang telah tewas di daerah itu sejak Januari.
Italia dan Malta menutup pelabuhan mereka awal April saat pandemi menghantam Eropa. Pada saat itu, hanya dua kapal penyelamat yang beroperasi - kapal Alan Kurdi yang dijalankan oleh LSM Jerman Sea-Eye, dan Aita Mari disewa oleh organisasi Spanyol Maydayterraneo.
Keduanya sekarang tidak boleh berlayar oleh penjaga pantai Italia karena masalah "teknis", sebuah langkah yang dikecam dan tidak dibenarkan oleh kelompok kampanye.
Sementara itu Perdana Menteri Malta Robert Abela mengatakan bulan lalu bahwa ia sedang diselidiki untuk perannya dalam kematian setidaknya lima migran yang mencoba berlayar dari Libya ke Italia. Sebuah kapal patroli Malta diduga memotong kabel motor kapal pendatang migran itu.
Situasinya menjadi lebih mengerikan, kata Cochetel, ketika keberangkatan dari pantai Libya hampir empat kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, dengan 6.629 berupaya untuk mencapai Eropa antara Januari dan akhir April.
Jumlah keberangkatan dari Tunisia meningkat lebih dari dua kali lipat, kata Cochetel.
"Apakah ada atau tidak (penyelamatan) kapal di laut, itu tidak memiliki pengaruh pada keberangkatan - periode virus corona ini telah cukup membuktikan hal itu," kata dia.
Dia mengatakan bahwa "75 persen migran di Libya telah kehilangan pekerjaan mereka sejak tindakan lockdown yang dapat menyebabkan keputusasaan".
Sophie Beau, direktur umum SOS Mediterranee, sebuah LSM berbasis di Prancis yang mencarter kapal penyelamat bernama Ocean Viking, mempertanyakan motif di balik penarikan kedua kapal.
"Dua kapal, satu demi satu, itu benar-benar menimbulkan pertanyaan tentang mengapa kapal-kapal itu ditahan," kata dia.
Ocean Viking akan kembali ke laut "sesegera mungkin" meskipun "kriminalisasi" kelompok bantuan, kata Beau.
"Ini sangat dramatis ... dan bertentangan dengan hukum maritim internasional, yang mengharuskan kami untuk membantu siapa pun dalam kesusahan secepat mungkin," kata Beau.
"Sekarang, karena tidak ada saksi, kita tidak tahu sejauh mana tragedi yang mungkin terjadi" di Mediterania, tambah dia.
Mediterania tengah "tetap menjadi rute migrasi maritim paling berbahaya di Bumi," Organisasi Internasional untuk Migrasi memperingatkan.
"Dalam konteks saat ini, risiko bahwa bangkai kapal tak kasatmata terjadi di luar jangkauan komunitas internasional," kata dia.
Beau memperingatkan bahwa "mengelola epidemi, menutup pelabuhan dan perbatasan ... di samping kendala-kendala ini, ada juga kurangnya mekanisme yang terkoordinasi," merujuk pada kesepakatan tentang distribusi migran antara negara-negara Eropa setelah mereka turun.
Perjanjian tersebut dibuat di Malta pada akhir 2019 tetapi lambat terwujud.
Dalam surat bersama yang dikirim ke Komisi Eropa dan ditinjau oleh AFP, menteri dalam negeri Prancis, Italia, Spanyol dan Jerman menyerukan pembentukan "mekanisme solidaritas" untuk "pencarian dan penyelamatan" di laut.
"Saat ini, segelintir negara anggota menanggung beban berlebihan, yang menunjukkan kurangnya solidaritas dan risiko membuat seluruh sistem tidak berfungsi," kata mereka dalam surat itu.
Sambil menunggu kesepakatan Eropa, dan tanpa adanya kapal kemanusiaan, 162 imigran saat ini terlunta-lunta di laut dengan dua perahu pariwisata.

TrendingMore