Anggota Koramil 08/LA Lakukan Giat Pendampingan Panen Padi -->
Cari Berita

Advertisement

Anggota Koramil 08/LA Lakukan Giat Pendampingan Panen Padi

Tuesday, December 8, 2020



BEKASI - WORLD News // Kegiatan Upsus (Upaya Khusus) di sektor pertanian menjadi salah satu tugas Babinsa di wilayah binaannya. Upsus merupakan upaya untuk swasembada pangan agar bisa meminimalisir impor beras dari luar negeri.

Karena itulah sebagai Babinsa Desa Jatibaru Serda Wandi. S anggota Koramil 08/LA (Lemah Abang) melakukan pendampingan panen padi di area sawah milik salah satu warga Desa Jatibaru yang luasnya hingga mencapai Luas 311 Ha.

Serda Wandi. S mengatakan, pendampingan kepetani dilakukan agar tahu hasil yang diperoleh oleh petani dan memberi motivasi agar lebih giat dalam bertani serta menganjurkan supaya cepat kembali mengarap sawah untuk masa tanam berikutnya.

Bukan itu saja, jika masa panen tiba, Babinsa turun ke lokasi dan memberikan pengertian tentang tengkulak. Artinya, hasil panen petani ini jangan langsung jatuh ke tengkulak yang membeli gabahnya di bawah standar.



“Saya menginkankan petani ini bisa sejahtera dengan hasil panennya dan tidak terjerat dengan tengkulak. Ini sering saya sampaikan kepada petani dimanapun tempatnya”, ucapnya.

Sementara itu, ditempat yang berbeda Kapten Inf Aswan Siregar menyampaikan Babinsa akan terus mendampingi atau libatkan dirinya langsung dalam pendampingan kepada petani, mulai turun kesawah sampai panen padi.

“Keterlibatan Babinsa tentunya memberikan motivasi tersendiri bagi para petani, apa yang dilakukan oleh Babinsa dilaksanakan secara terus menerus, sehingga diharapkan dapat membantu para petani,” terangnya.

(BACHRIE)