Iklan

Ragam daerah

Srikandi dari Daerah Siap bersaing, mengabdi untuk Negri

Thursday, December 14, 2023, December 14, 2023 WAT
Last Updated 2023-12-14T15:09:03Z


Way kanan- WORLD NEWS -
Blambangan Umpu.- Walaupun terhitung sebagai Kabupaten yang jauh muda dari Kabupaten/Kota lainnya di Lampung. Akan tetapi Bumi Ghamik Ghagom yang terletak diperbatasan dengan Sumatare Selatin ini terus memunculkan talenta talenta baru di berbagai bidang, baik dibidang olah raga, dibidang Pemerintahan maupun di bidang Politik.

Dibidang Politik setelah berhasil menempatkan beberapa putra terbaik Way kanan di DPD RI, DPR RI, dan bahkan saat ini 4 Putra terbaik Way Kanan berhasil menjadi Gubernur Lampung, Wakil Ketua DPRD Prov Lampung, Ketua KPU Lampung serta Ketua Bawaslu Lampung, teranyar Blambangan Umpu kembali memunculkan Seorang Sriikandi yang mengabdi untuk Negeri dan bersaing untuk menjadi Anggota DPR RI melalui perahu Partai Golkar.

“Alhamdulillah memang para senior sudah banyak yang terlebih dahulu menjadi perwakilan kita di Pemerintahan pusat, antara lain di DPR RI, dan di DPR RI, melalui hasil Pemilu 5 tahun yang lalu, dan untuk pemilu tahun 2024 yang akan datang, saya menjadi salah satu yang di percaya Partai Golkar untuk menjadi calon dari daerah pemilihan 2 yang meliputi Kabupaten Way kanan, Kabupaten Lampung Utara, Tubaba, Tulang Bawang, Mesuji, Lampung Timur, dan Lampung Tengah,melalui nomor urut 3, ” ujar Ana Sofa Yuking , SH, MH,

Ana Sofa Yuking sendiri Lahir di Tanjung Raja Giham pada 49 Tahun yang lalu dari Pasangan Bapak H. Yuking Raden Perdana, S.Pd, salah satu tokoh pendidikan di Kabupaten Way Kanan dari tahun 1956 hingga tahun 2001, yang juga merupakan Mantan Ketua Dewan Pendidikan 2002-2004, dan Mantan Anggota DPRD Kab. Way Kanan dari Partai Golkar periode 2004-2009 dan dari Ibu (alm) Hj. Nurhayati, Amd, yang juga salah satu tokoh pendidikan yang berprofesi sebagai pensiunan Guru dan Kepala Sekolah di Kabupaten Way Kanan.

Ana Sofa Yuking adalah Alumni SDN I dan SMPN I Blambangan Umpu, kemudian meneruskan SMA di SMA 5 Tanjung Karang menyelessaikan pendidikan SI Hukumnya di pakultas Hukum Unila, kemudian menerusakn S2 Hukumnya di Universitas Indonesia, juga merupakan jebolan Tarpadnas – Lamhanas 1995, dan dia juga adalah salah satu aktifis 98 yang aktif dalam berbagai organisasi kepemudaan, salah satunya sebagai Pengurus Besar HMI 1997-1999, dan saat ini menjadi Ketua Bidang Hukum Perusahaan dan Investasi pada Majelis Nasional KAHMI.

Sebagai sarjana hukum, Ana Sofa Yuking telah memulai karir sebagai Advokat di DKI Jakarta sejak tahun 2000, beliau juga mendedikasikan dirinya sebagai seorang konsultan hukum Pasar Modal yang banyak membidani perusahaan untuk Go Publik, baik Nasional maupun Internasional.

Ana Sofa Yuking juga merupakan Wakil Ketua Bidang pada Dewan Pimpinan Nasional PERADI sangat peduli dengan keadilan hukum, khususnya terhadap perempuan dan anak. Melalui Podcast Hukum, Ana terlibat aktif mengedukasi masyarakat khususnya perempuan dan anak agar mendapatkan pemahaman tentang perlindungan hukum bagi perempuan dan anak. juga aktif memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum.

Hingga saat ini, Ana juga sangat peduli terhadap masalah kemanusiaan dengan mendirikan yayasan Dehawa Berbagi yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan yang telah banyak membantu masyarakat terkhusus pada saat covid melanda pada tahun 2020 hingga 2022 yang lalu. Ana memproduksi langsung alat pelindung diri (APD) dan secara masif membagikan langsung bantuan alat kesehatan ke seluruh Rumah Sakit Rujukan Covid dan Puskesmas di Jakarta, dan juga Rumah Sakit dan Puskesmas di seluruh Indonesia yang terdampak Covid19. Paska Covid19, beliau juga ambil bagian secara aktif menanggulangi krisis pangan dampak covid19 dengan membagikan bantuan sembako ke wilayah-wilayah yang terdampak covid19, khususnya kampung halamannya Way Kanan.

Dengan bermodal pengalaman beliau di bidang hukum, bisnis dan sosial kemanusiaan tersebut, disisa usianya, beliau ingin mendedikasikan diri sebagai penyambung dan pejuang aspirasi masyarakat Lampung di Senayan, sekaligus dengan bermodal banyaknya jaringan beliau di pusat, akan secara giat dan masif untuk mengedukasi dan mendampingi masyarakat terhadap bantuan hukum, menghadirkan tokoh-tokoh pengusaha guna mengedukasi masyarakat bagaimana kiat sukses dalam membangun usaha kecil menengah (UMKM) guna peningkatan taraf hidup masyarakat, khususnya Lampung.
Sebagai Advokat yang banyak menangani investasi, Ana Sofa Yuking meyakini bahwa pembangunan Lampung akan terus tumbuh dan berkembang dengan mengundang investor-investor besar membangun Lampung. Dan dipastikan bahwa investasi yang baik adalah investasi yang taat hukum dan berkelanjutan dari hulu ke hilir, sehingga dapat memberikan dampak langsung bagi kemakmuran seluruh masyarakat Lampung. *madi*

TrendingMore