Kepengurusan Baru KNPI DPD Indramayu Periode 2019-2022 Resmi Dilantik
Cari Berita

Advertisement

Kepengurusan Baru KNPI DPD Indramayu Periode 2019-2022 Resmi Dilantik

Monday, August 24, 2020


WORLD News // INDRAMAYU - Jajaran kepengurusan baru Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupten Indramayu periode 2019-2022 hasil dari pada Musyawarah Daerah (Musda) Ke-XIII beberapa waktu silam resmi dilantik, proses pelantikan digelar di Pendopo Kabupaten Indramayu, Senin (24/8/2020).

Pelantikan kepengurusan baru DPD KNPI Kabupaten Indramayu sendiri dipimpin oleh Ketua DPD KNPI Provinsi Jawa Barat Rio F. Wilantara, dengan disaksikan langsung oleh Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Indramayu Taufik Hidayat bersama dewan penasehat, para Pengurus Kecamatan (PK) dan sejumlah Organisasi Masyarakat (ORMAS), Organisasi Kepemudaan (OKP) serta tamu undangan.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Indramayu Yoga Rahardiansyah yang terpilih secara aklamasi pada Musda Ke-XIII mengatakan, jangan samakan KNPI dengan ORMAS dan OKP, karena KNPI adalah wadah berhimpunnya para pemuda yang memiliki aktivitas dan kegiatan masing-masing.

“Mari kita bedakan persepsi bahwa KNPI adalah laboratoriumnya pemuda, KNPI adalah fasilitatornya pemuda, dan kanalnya para pemikir pemuda. Oleh karena itu KNPI harus menjadi kiprah strategis dan mitra kritis pemerintah daerah dengan memberikan solusi dan saran-saran yang dapat membangun untuk kemajuan daerah,” kata Yoga.

Ia menuturkan, KNPI Kabupaten Indramayu terus menjadi mitra kerja yang solid bersama pemerintah daerah melalui peran pemuda yang berada di tingkat kecamatan atau desa dengan pemikiran atau saran positif dan tenaga yang dimiliki, optimis permasalahan-permasalahan bisa diselesaikan sehingga Indramayu ke depan bisa lebih maju.

"Karena pemuda saat ini melakukan atau mengkontribusikan pemikirannya untuk Pemerintah Daerah, agar kedepan, tatanan yang dibangun saat ini untuk peradaban kita yang akan datang," tuturnya.

Sementara itu Ketua DPD KNPI Propinsi Jawa Barat Rio F. Wilantara menyampaikan, peran KNPI harus tetap menjadi pelopor di tengah aktivitas perekonomian masyarakat dan ikut serta mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Indramayu pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Peran KNPI yang paling penting bisa memanfaatkan potensi daerah, seperti di Indramayu ini para pemuda bisa mengolah buah mangga menjadi produk lokal yang bernilai, guna mendorong perekonomian masyarakat menuju Indonesia emas, dan menjadi agen perdamaian dan persatuan guna mensukseskan Pilkada di Kabupaten Indramayu pada 9 Desember nanti,” terangnya.

Di tempat yang sama, Plt. Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat berpesan, KNPI sebagai wadah para pemuda harus memberikan contoh yang baik untuk sekelilingnya, yakni harus memiliki tekad yang kuat untuk memajukan bangsa, baik melalui fisik yang kuat untuk terus bergerak serta pemikiran yang kreatif dan inovatif untuk menjadi aktor dari pembangunan.


“KNPI sebagai organisasi kepemudaan yang menjadi wadah berekspresi dan mengembangkan potensi bagi pemuda, harus berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia yang maju. Dalam hal ini khususnya KNPI Indramayu, harus turut berkontribusi demi terwujudnya pembangunan daerah serta menjadi contoh bagi organisasi kepemudaan lain,” ungkapnya.

Taufik berharap, KNPI Indramayu terus bersinergi dengan pemerintah daerah serta senantiasa melahirkan pemikiran-pemikiran positif yang baru tentang bagaimana peran pemuda di tengah masyarakat Indramayu melalui berbagai program yang kongkrit dan relevan serta dapat diimplementasikan di tengah-tengah masyarakat secara nyata.

“Saya yakin jika generasi muda di Indramayu, khususnya yang tergabung dalam KNPI ikut andil dan selalu bersinergi dengan pemerintah, maka impian kita mewujudkan Indramayu yang religius, maju, mandiri, dan sejahtera akan segera tercipta,” pungkasnya.


Laporan: AS