PLT.Bupati Indramayu Taufik: Bidan Wajib Bantu Pasien Tidak Mampu
Cari Berita

Advertisement

PLT.Bupati Indramayu Taufik: Bidan Wajib Bantu Pasien Tidak Mampu

Wednesday, August 19, 2020


WORLD News // Indramayu - Profesi Bidan merupakan profesi yang diakui sebagai tenaga profesional di bidang kesehatan yang bertanggung jawab untuk persalinan. Di tengah situasi pandemi ini, para bidan harus lebih banyak membantu pasien, terutama dari keluarga tidak mampu.

"Wajib hukumnya bagi tenaga medis, khususnya Bidan untuk membantu pasien yang tidak mampu," tegas Plt. Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat saat memberikan sambutan Pelantikan Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Indramayu masa bakti 2018-2023, di Hotel Grand Trisula Indramayu, Rabu (19/8/2020).

Dalam melakoni pekerjaannya, bidan merupakan mitra perempuan untuk senantiasa memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir.


"Dengan demikian di tengah situasi pandemi Covid-19 ini peran seorang bidan sangat penting, terutama dalam konseling dan pendidikan yang cakupannya tidak hanya kepada perempuan namun juga kepada keluaraga dan masyarakat. Bidan harus terus membantu warga yang tidak mampu," terang Taufik.

Taufik menegaskan, tugas seorang bidan memang tidak mudah. Tanggung jawab besar berada di pundak demi melayani masyarakat. Seorang bidan harus berbangga diri karena bidan mempunyai keahlian yang tidam dimiliki orang lain serta merupakan garda terdepan terhadap kesehatan ibu dan anak.

"Disisi lain bidan juga harus terus meningkatkan kemampuan agar memiliki profesionlitas dalam bekerja sehingga akan terwujud pelayanan yang maksimal," katanya.

Dengan jumlah 1.150 orang anggota IBI di seluruh wilayah Indramayu. Lanjut Taufik, anggota IBI harus mampu mengayomi, memberikan pendidikan, penyuluhan, mendampingi, mengawasi, melakukan rujukan untuk kasus yang tidak dapat ditangani secara cepat dan tepat.


Pelantikan Pengurus Cabang IBI Kabupaten Indramayu masa bakti 2018-2023 dilakukan oleh Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi Jawa Barat Eva Riantini.

Sementara itu Susunan Pengurus Cabang IBI Kabupaten Indramayu masa bakti 2018-2023 Ketua Hj. Tasiroh, Wakil Ketua 1 Hj. Uswatun Hasanah, Wakil ketua 2 Hj. Imas Tati Hartati, Sekretaris Hj. R. Hesti Heryanti, dan Bendahara Hj. Iflakiyah Ubaedah.



Laporan: AS