Lulusan MHU Fidkom UIN Bandung InshaAllah "MABRUR"
Cari Berita

Advertisement

Lulusan MHU Fidkom UIN Bandung InshaAllah "MABRUR"

Sunday, September 13, 2020


Kaprodi: Profil Lulusan MHU InshaAllah "MABRUR"

BANDUNG//WorldNews.my.id: Ada yang menarik dari kegiatan rapat internal di program Studi Baru Manajemen Haji dan Umrah (MHU) FIDKOM UIN SGD Bandung, Kamis (10/09). Kebersamaan yang didasari oleh keikhlasan dalam berjuang nampak terasa dalam setiap personil Pengelola Prodi MHU, siang itu. Pengelola Prodi MHU (Manajemen Haji dan Umrah) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung melaksanakan rapat perdana persiapan perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2020/2021, Kamis (10/09). Rapat tersebut dihadiri Ketua Podi melalui videocall whatsapp, dan Sekretaris Prodi, serta 3 tim pengelola secara langsung di ruang Prodi MHU lantai 2 Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Advokasi dan rencana strategi prodi menjadi bahasan dalam rapat tersebut, yang langsung dipimpin oleh Sekretaris Prodi Dr. H. Rohmanur Aziz,M.Ag. 
“Rapat perdana kita tiada lain adalah curgas alias curah gagasan bersama terkait profil lulusan Prodi MHU, mengingat urgensi penegasan visi dan misi prodi merupakan aspirasi sekaligus motivasi yang dijadikan panduan serta rambu-rambu dalam penyusunan strategi program studi dari awal perkuliahan orientasi penerimaan mahasiswa baru sampai kelulusan mahasiswa Prodi MHU” ungkapnya menegaskan.

Lebih jauh Aziz, demikian sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa Prodi MHU UIN Sunan Gunung Djati Bandung harus mempunyai distinksi sebagai identitas penguat eksistensi dan branding prodi MHU. Hal tersebut langsung dikomentari secara menyeluruh oleh Ketua Prodi MHU Dr.H.Asep Iwan Setiawan, M.Ag.
“Visi dan Misi Prodi MHU harus meliputi 3 aspek yaitu knowledge, skill dan attitude yang bermuara pada pemahaman dan penguasaan ilmu keislaman, penguasaan BTAQ, manajerial, Leadership, Bahasa, KBIH, tour and travel, kewirausahaan dan penguasaan IT sebagai distingsinya” tutur Asep Iwan meyakinkan.

Lebih lanjut Iwan, demikian biasa ia disapa, menegaskan harapan besarnya terkait
 profil lulusan prodi MHU ini harus dan inshaAllah MABRUR (Maju, Agamis, Berdayasaing, Ramah, Unggul dan Responsif). Maju dengan menunjukkan progress yg cepat, Agamis dengan selalu berprinsip pada aturan agama, Berdayasaing dengan siap berkompetisi penuh kompetensi, Unggul dengan indikasi berbagai prestasi dan Responsif terhadap berbahagai hal. 
“Saya berharap profil lulusan prodi MHU ini MABRUR (Maju, agamis, berdayasaing, ramah, unggul dan responsif), Maju dengan menunjukkan progress yg cepat,Agamis dengan selalu berprinsip pada aturan agama, berdaya saing dengan siap berkompetisi penuh kompetensi, unggul dengan indikasi berbagai prestasi dan responsif terhadap berbahagai hal. Kepalanya berisi ilmu agama dan ilmu umum lainnya, mulutnya ahli Bahasa, tangannya melambangkan integritas, kakinya sigap dan cekatan dalam melaksanakan tugasnya” ungkapnya dengan nada serius.

Gagasan Ketua dan Sekretaris Prodi tersebut didukung penuh oleh tim pengelola, Yuyun Yuningsih, M.Ag, dan Cecep Abdurrahman. S.Sos. 
“Penguasaan bahasa harus juga diprioritaskan disamping penguasaan ilmu lainnya yang diwujudkan dengan strategi bimbingan secara berkala dan kondusif”. ungkap Cecep.  Hal senada juga dikemukakan oleh Yuyun bahwa harapan tinggi akan terlihat berat, namun yakin semua akan mewujud sesuai harapan. 
“Semua harapan ini tinggi dan terlihat berat, namun yakin akan berwujud sesuai dengan ekspektasi tim.” tandas Yuyun mengakhiri rapat perdana pengelola prodi MHU siang itu. (RM/ AY/ Sumber Yy)