Iklan

INTERNATIONAL

Facebook tuli terhadap ujaran kebencian di India jika BJP memuntahkannya

Wednesday, August 19, 2020, August 19, 2020 WAT
Last Updated 2020-08-20T03:28:01Z

WORLDNEWS - Kisah Facebook, yang pada dasarnya berarti "platform" di mana perusahaan media digital membiarkan diri mereka digunakan untuk disinformasi dan ujaran kebencian, tidak akan berakhir dalam waktu dekat di India dan semakin suram dari menit ke menit.

Bahkan Facebook dan Ankhi Das, direkturnya untuk India dan China Selatan dan Tengah, mungkin merasa malu dengan pertahanan penuh partai BJP terhadap perusahaan tersebut.

The Wall Street Journal mengekspos telah mengutip karyawan saat ini dan mantan karyawan bahwa ketika staf mencoba untuk menerapkan aturan ujaran kebencian Facebook sendiri untuk melarang Telangana BJP MLA Raja Singh dari platform untuk konten yang menghasut kekerasan terhadap minoritas, mereka diduga diberitahu oleh Ankhi Das bahwa bisnis perusahaan akan terpengaruh secara merugikan di India dengan menerapkan aturan kepada anggota partai yang berkuasa.

Pertimbangkan apa yang direkomendasikan Das untuk diizinkan. Singh menyerukan pembunuhan Muslim Rohingya, mengatakan mereka harus ditembak dan masjid dihancurkan. Staf Facebook sendiri menyimpulkan bahwa Singh tidak hanya "melanggar undang-undang ujaran kebencian milik perusahaan, tetapi juga memenuhi syarat sebagai" berbahaya ".

Das, dalam langkah yang tidak biasa untuk seorang profesional bisnis, cukup jelas dalam dukungannya kepada Perdana Menteri Narendra Modi, setelah menulis beberapa pujian padanya. Tuduhan terhadap Facebook serius dan layak mendapat pengawasan dan tindakan yang tepat.

Bahaya perkataan yang mendorong kebencian
Sebagai seseorang yang telah mengungkap penyalahgunaan media sosial oleh BJP dalam buku investigasi saya "I am a troll" - Di dalam rahasia Tentara Digital BJP, saya dapat mengatakan dengan keyakinan bahwa kebencian online yang sistematis dapat meluas dan menyebabkan kerusuhan dan pertumpahan darah dalam kehidupan nyata .

Yang lebih mengkhawatirkan adalah India adalah pasar terbesar Facebook dan juga memiliki aplikasi perpesanan populer - WhatsApp dan Instagram.

Sebelum pemilihan umum 2019, saya telah memperbarui buku saya dengan bab tentang ancaman dan bahaya WhatsApp secara sistematis digunakan untuk propaganda dan berita palsu. Ancamannya sangat besar karena tidak ada filter editorial dan saat ini banyak disalahgunakan oleh partai politik tertentu.

Peran Das baru saja mengkonfirmasi ketakutan terburuk. Das memiliki sejarah keluarga yang menarik. Saudara kembarnya, Rashmi Das, adalah aktivis Sangh Parivar. Dan, ayah mertuanya Rabiranjan Chattopadhyay, seorang MLA Kongres Trinamool, dulunya adalah Menteri Pendidikan Teknis di pemerintah Bengal Barat. Banerjee menjatuhkannya dan dia adalah salah satu dari sedikit menteri yang tidak terulang dalam masa jabatan keduanya sebagai menteri utama pada tahun 2016.

Pertimbangkan hal ini bersama Derek O 'Brien, anggota TMC Rajya Sabha, yang mengatakan dalam pidato Parlemen baru-baru ini bahwa "manajer senior FB di India adalah manajer kampanye BJP defacto" dan menyebut mereka sebagai "mitra tersembunyi" BJP.

Sumber mengatakan TMC telah menjadi khawatir dengan hubungan Das-BJP dan dengan pemilihan yang akan datang di Bengal telah memutuskan untuk "membekukan Das dan keluarganya".

Dalam demokrasi mana pun, ini akan memicu lonceng peringatan, tetapi anehnya sebagian besar media telah bungkam tentang masalah Facebook. Ini terkait dengan kesepakatan menguntungkan yang diberikan Facebook kepada mereka, sebagian besar ditandatangani oleh Das. Dari pengamat media hingga apa yang disebut situs web pemeriksa fakta dan bahkan program hingga jurnalis individu, Facebook telah memompa crores ke media di India. Yang mungkin menjelaskan diamnya skandal itu. Jadi apa selanjutnya?

Oposisi menuntut penyelidikan bersama parlemen atas skandal tersebut dan peninjauan peran Das. Shashi Tharoor, ketua Komite Teknologi Informasi Lok Sabha, telah mengeluarkan panggilan ke Facebook. BJP bertempur di pojok Facebook dengan Ravi Shankar Prasad, Menteri TI, menyebut mantan presiden Kongres Rahul Gandhi sebagai "pecundang" karena mengangkat masalah ini dan anggota BJP dari komite Lok Sabha mencoba menghalangi pemanggilan Tharoor.

Lompatan BJP ke pertahanan Facebook cukup menceritakan tentang apa yang disebut "hubungan".

Namun, ini tidak bisa hanya menjadi pertarungan politik yang melelahkan. Masalah ini memiliki konsekuensi kehidupan nyata yang sangat besar bagi mereka yang menggunakan WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Vir Sanghvi, jurnalis senior, baru-baru ini menyarankan posting skandal Das bahwa Facebook dibubarkan seperti Standard Oil di AS pada tahun 1911. Ini, mungkin, adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa perkataan yang mendorong kebencian dan berita palsu tidak menyebar seperti api. karena alasan komersial.


Sumber: Gulf

TrendingMore