Iklan

Sinergi TNI-POLRI dan Unsur Lain Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid- 19

Sunday, December 13, 2020, December 13, 2020 WAT
Last Updated 2020-12-13T09:45:52Z


BEKASI - WORLD News | Kepolisian Resor Metro Bekasi gandeng TNI dan unsur lainnya gelar patroli skala besar. Pasalnya, upaya tersebut gencar dilakukan guna memutus dan pencegahan penyebaran Covid- 19 diwilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu (12/12/2020) malam.

Sebelum melakukan patroli skala besar, apel bersama dilakukan di halaman Mapolsek Tambun. Apel di pimpin langsung Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan, SIK, M.Si dan diikuti seluruh petugas gabungan yang terdiri dari kepolisian, TNI, Sat Pol PP dan unsur lainnya.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan, SIK, M.Si mengatakan, usai melakukan apel bersama seluruh petugas gabungan dengan iringan kendaraan langsung menyisir untuk mencari kerumunan warga guna menghindari claster baru wabah Covid-19. 

"Dalam penyusuran tersebut, petugas mendapati beberapa tempat hiburan malam (THM)dan karoeke yang masih belum menerapkan protokol kesehatan, oleh petugas langsung di bubarkan selanjutnya di data. Sedangkan para pengunjung di minta untuk segera pulang ke rumahnya masing- masing,"kata Kapolres, Sabtu (13/12).


Menurut Kapolres, pelaksanaan operasi atau patroli berskala besar tujuannya adalah memberikan jaminan dan keyakinan kepada masyarakat untuk beraktivitas dan beristirahat di malam dengan aman dan nyaman. Selain itu, pihaknya juga melakukan operasi yustisi pada masyrakat yang melanggar protokol kesehatan Covid- 19.

“Untuk kegiatan patroli skala besar malam ini kita menargetkan masuk ke tempat hiburan malam (THM), seperti karoeke dan diskotik dan jika ditenmukan ada yang melanggar langsung kami tutup. Kemudian kami juga melakukan dan mendatangi rumah makan atau cafe, yang melanggar protokol kesehatan, langsung kami bubarkan setelah pengunjung selesai membayar makannya, dan kami catat serta panggil pemilik rumah makan tersebut untuk di mintai keterangan apakah ada pelanggaran yang melanggar peraturan daerah atau pidananya, kalau ada akan di berikan sangsi tegas," beber Kapolres.

Kapolres menegaskan, kepada seluruh masyarakat bahwa wabah Covid-19 belum berakhir, bahkan terjadi peningkatan yang cukup signifikan. 

"Untuk yang meninggal akibat Covid-19 ini sudah di atas 150 Kalau tidak salah ada 178 per hari, kemudian yang terdampak Covid-19 cepat menyentuh angka rata-rata per hari 8.000. Untuk itu petugas dari seluruh unsur berjiba ku untuk mencegah hingga menangani Covid-19 di nusantara ini” tegasnya.

“Untuk memutus wabah Covid- 19 ini caranya dengan disiplin, walaupun nanti akan ada vaksin, namun disiplin harus tetap di terapkan dengan selalu menerapkan 4 M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan),"tambahnya.



Kapolres juga berharap dengan adanya patroli berskala besar yang di lakukan petugas dari Kepolisian di bantu petugas TNI dan intansi lainnya, kedepannya bagi para pelaku pengusaha hiburan malam, maupun pengusaha rumah makan atau cafe dapat lebih disiplin lagi dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Karena upaya ini untuk kebaikan dalam memutus mata rantai wabah Covid-19 di wilayah Kabupaten Bekasi,"tutup Kapolres.

(BACHRIE)

TrendingMore