Djoko Tjandra dan Maria Ditangkap, Penegak Hukum Diminta Tak Berpuas Diri, Masih ada 23 Buronan Lagi -->
Cari Berita

Advertisement

Djoko Tjandra dan Maria Ditangkap, Penegak Hukum Diminta Tak Berpuas Diri, Masih ada 23 Buronan Lagi

Monday, August 3, 2020


WORLD NEWS //- Direktur Political and Public Policy Studies Jerry Massie mengingatkan agar pemerintah tidak berpuas diri usai berhasil menangkap buronan Maria Paulina Lumowa dan Djoko Tjandra.

"Masih ada 23 buronan yang kabur ke luar negeri. Jadi harus diburu juga dan aset mereka perlu disita. Jadi jangan berhenti di kasus Djoko Tjandra," ungkap Jerry kepada AKURAT.CO, Senin (3/8/2020).

Menurutnya, jika International Criminal Police (Interpol) di Indonesia dapat kerja sama dengan Imigrasi dan juga kejaksaan untuk melakukan tugasnya dengan baik, tentunya ekstradisi koruptor akan lebih mudah ditangkap.

"Ini tugas dari kepolisian membantu Kejagung bahkan KPK. Saya lihat jangan sebuah alasan lantaran perintah presiden menangkap Djoko Tjandra," ucapnya.

Selain itu Jerry juga mengatakan, upaya menangkap buronan koruptor perlu koordinasi yang kuat, lobi serta intilejen yang brilian. Semua langkah perlu ditempuh misalnya kerja sama baik bilateral maupun internasional.

Oleh karena itu, selain menangkap buronan, Jerry berharap aparat penegak hukum menyita aset-aset milik buronan tersebut.

"Bahkan kalau perlu penyitaan dilakukan terhadap semua aset mereka di Indonesia. Kalau kita kita buru para pelaku koruptor dan dikembalikan duitnya, maka itu cukup besar. Ini bagus di saat ekonomi lndonesia lagi terpuruk," desaknya.



Redaksi