Kodim 0612/Tsm Menggelar Acara Doa Bersama Forkopimda Kota Tasikmalaya Dengan Elemen Komponen Bangsa
Cari Berita

Advertisement

 


Kodim 0612/Tsm Menggelar Acara Doa Bersama Forkopimda Kota Tasikmalaya Dengan Elemen Komponen Bangsa

Saturday, December 26, 2020



WORLD News -  Tasik Malaya | Pelaksanaan kegiatan acara Doa bersama Forkopimda Tasikmalaya bersama elemen komponen bangsa dengan tema "Bergandengan Tangan Membangun Negri, Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan", dilaksanakan pada Sabtu 26/12 /2020, pukul 09.15 s.d 10.15 WIB, bertempat di Aula Makodim 0612/Tasikmalaya, Jln. Otto Iskandar dinata No.11, Kel. Empangsari, Kec.Tawang, Kota Tasikmalaya. 

Kegiatan Doa bersama yang dihadiri
kurang lebih 45 orang, diantaranya, 
Plt. walikota Tasikmalaya (Drs. H. Muhammad Yusuf), Ketua DPRD di wakili oleh wakil ketua DPRD Kota Tasikmalaya (H. Mamat Rahamat,S.H), Dandim 0612/Tsm (Letkol Inf Ary Sutrisno, S.IP), Kapolres Kota Tasikmalaya (AKBP Doni Hermawan,S.H.,S.IK.,M.Si), Danlanud Wiriadinata Tasikmalaya (Letkol Nav Djoko Purnomo, S.M), Kasipers Brigif Raider 13/Galuh (Mayor Inf. Dudi Ismayudi), Kasdim 0612/Tsm (Mayor Inf. Candara Suhendra) para Toga, Ormas, LSM dan Eksponen 96.kota tasikmalaya. 

Dalam acara kegiatan diawali dengan menyaksikan beberapa cuplikan Video sebagai Bahan Renungan Bersama. 

Dalam sambutanya Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Ary Sutrisno,S.IP), mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh tamu undangan dan para Danramil yang hadir dalam kegiatan ini dengan keadaan sehat walafiat. 


Selain ucapan terimakasih permohonan maaf terlontar untuk para sepuh yang belum bisa di datangi satu persatu olehnya, karena banyak nya kegiatan yang harus dilaksanakan. 

"Video yang para sepuh dan para ormas tonton tadi, intinya kami mengajak untuk berfikir bagaimana kita bersatu untuk tasikmalaya yang maju,"bukanya. 

Masih tutur Letkol Inf Ary Sutrisno,S.IP, 
"Untuk menjaga silaturahmi dan kedekatan kita, bagaimana caranya agar kita melaksanakan kegiatan dengan santai tetapi terjalin silaturahmi yang kita laksanakan, Kita berkumpul disini untuk menentukan bagaimana Tasikmalaya kedepanya maju tanpa ada kericuhan,"tuturnya. 

"Harapan dan keinginan kami setelah kita bersama menonton cuplikan dalam video tadi, semoga dengan dilaksanakannya acara kegiatan ini kita bisa menjadi lebih bersatu dan bisa terjalin terus komunikasi bersama kami,"terangnya. 

Ditempat  yang sama dalam sambutanya Kapolres Tasikmalaya Kota (AKBP Doni Hermawan,S.H.,S.IK.,M.Si) mengatakan, 

"Kegiatan kita hari ini adalah untuk saling bersilaturahmi dengan para sepuh serta tamu undangan yang hadir dan tentunya kita bisa saling bersilaturahmi dengan para sepuh serta Tokoh yang ada di tasikmalaya,"katanya.

"Pada dasarnya kita sungguh mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan, adapun penyampaian Dandim barusan ini adalah kegiatan yang sangat bagus untuk kita warga tasikmalaya menjalin silaturahmi serta komunikasi,"lanjutnya. 



"Permohonan maaf karena kami juga belum sempat bersilaturahmi kepada para sepuh yang ada di tasikmalaya dikarenakan waktu dan kesibukan, Kami belum sempat menemuinya, namun kemitraan keutuhan bangsa dan negara tadi sudah diperlihatkan di video, dimana ada satu Negara yang mengalami kericuhan di bangsanya, maka dari itu Tasikmalaya menjadi barometer kultur Agamanya, untuk itu bagimana Tasikmalaya harus bisa maju, maka dari itu mari kita jalin erat persaudaraan dan silaturahmi yang sudah terjalin,"tutupnya. 

Selain Dandim dan Kapores Kota Tasikmalaya, Danlanud Wiradinata Tasikmalaya (Letkol. Nav Djoko Purnomo, S.M), turut memberikan sambutan, 

"Mungkin kelihatanya saya sebagai danlanud seperti yang sedang melaksnakan pesiar, beda dengan Dandim yang sibuknya luar biasa dikarenakan tugas kami tidak bersentuhan langsung dengan Masyarakat tetapi tupoksi kita dengan Pak Dandim tetap sama,"ucapnya.

"Kita harus menjaga komunikasi dengan pihak terkait jangan sampai ada emosi dan nafsu sesaat, maka dari itu mari kita jaga emosi serta nafsu kita untuk membangun tasikmalaya ini bersama sama, untuk itu Kami mohon bimbingan dari para Ajeungan ataupun para Kyai yang hadir pada saat ini,"jelasnya kembali. 

Sebelum memberikan Sambutanya, Plt.Walikota memberikan piagam 
penghargaan kepada Kodim 0612/Tasikmalaya dari Pemerintah Kota Tasikmalaya atas peran serta dalam upaya membina dan mengembangkan Kota Tasikmalaya menjadi Kota yang peduli Hak Asasi Manusia Tahun 2019-2020. 

Mengawali sambutanya Plt Walikota Tasikmalaya Drs.H.Mohammad Yusuf menyampaikan ucapan terima kasih kepada komandan Kodim 0612 beserta jajarannya dan berharap kegiatan Doa bersama sebagai jembatan silaturahmi juga wujud ikatan batiniah antara pemerintah Kota Tasikmalaya dengan seluruh komponen masyarakat kota Tasikmalaya. 

"Saya atas nama Walikota yang kebetulan tidak hadir karena adanya musibah, mengapresiasi kepada Kapolres serta Dandim yang telah menjaga kondusifitas yang baik dengan hukum wilayah Kota/Kab.Tasikmalaya, kegiatan istigosah ini semoga bisa memberikan warna yang sejuk di tasikmalaya seperti slogan Tasikmalaya sebagai kota santri,"bukanya. 

"Sebagaimana sering diungkapkan oleh kalangan masyarakat bahwa Tasikmalaya mempunyai julukan sebagai Kota Santri tentunya menjadi kekuatan untuk meminta serta memohon kepada Allah, Swt agar kegiatan besar untuk kemajuan keberlangsungan Negara dapat kita dorong khususnya dari kota Tasikmalaya melalui silaturahmi dengan memohon Doa yang terbaik buat Negara,"imbuhnya. 

Selanjutnya Drs.H.Mohammad Yusuf mengucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu memenuhi dan melaksanakan kewajiban dalam rangka penghormatan perlindungan dan pemenuhan penegakan dan pemajuan Hak Asasi Manusia (HAM) khususnya kepada komandan Kodim 0612 Tasikmalaya yang telah membina, mendorong  serta mengembangkan pelaksanaan Hak Asasi Manusia, salah satunya penyediaan ruang menyusui/laktasi pada bangunan gedung milik Pemerintah dan Swasta sebagai pemenuhan hak atas Anak dan Wanita di Kota Tasikmalaya, sehingga Kota Tasikmalaya ditetapkan menjadi Kota peduli hak asasi manusia untuk yang ke-8 kali berturut-turut. 

"Penghargaan ini saya dedikasikan untuk seluruh masyarakat kota Tasikmalaya Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat atas segala pengabdian dan kerjasamanya yang telah terjalin selama ini semoga apa yang telah diperbuat menjadi amal kebaikan dan mendapat imbalan dari Allah SWT, mungkin ini adalah refleksi akhir kegiatan di akhir tahun mudah -mudahan janji politik kami saat ini tahap demi tahap bisa tercapai,"pungkasnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kodim 0612/Tasikmalaya untuk menjalin silaturahmi serta komunikasi dengan para Tokoh Agama, Tokoh Daerah dan Tokoh Masyarakat di wilayah Tasikmalaya ditutup dengan Doa bersama dan Tausiah Ustdz, Bubung Nizar SPd.i, pimpinan Yayasan Al -  Mukhtariah. 

(Rud)