Iklan

Daerah

Tanggap Bencana, Selain Langsung Bantu Korban, Babinsa Juga Tetap Himbau Warga Tetap Waspada

Saturday, February 13, 2021, February 13, 2021 WAT
Last Updated 2021-02-14T05:42:05Z


BOYOLALI, Jawa Tengah - WORLD News | Anggota Koramil 18/Kemusu Kodim 0724/Boyolali Sertu Wagiyanto yang menjadi Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Watugede, kemarin turun ke wilayah binaan membantu warga yang rumahnya tertimpa longsoran akibat hujan intensitas tinggi, Sabtu Malam (13/02).

Bersama dengan Bhabinkamtibmas Desa Watugede, Sertu Wagiyanto mendatangi rumah Saminem (55) warga Dukuh Bedeg yang rumahnya tertimpa longsor.

"Begitu Kita mendapat laporan bahwa ada warga di wilayah binaan yang terdampak musibah  longsor saya bareng Babinkamtibmas beserta warga check lokasi dan kita bareng bantu korban," tuturnya.

Babinsa menjelaskan bahwa situasi hujan deras yang melanda wilayah binaanya memang wajib diwaspadai oleh warga yang berada di lereng bukit maupun rumah yang berada di pinggiran tebing.

"Untuk diketahui bahwa sudah beberapa hari ini hujan turun dengan intensitas tinggi. Kami para Babinsa diperintahkan untuk  selalu tanggap dan waspada serta terus memonitor atau memantau perkembangan situasi di wilayah binaan masing-masing,"jelasnya.



"Monitoring (tanggap bencana) ini sebagai bentuk antisipasi waspada bencana tanah longsor, dengan begitu masyarakat bisa lekas terbantu atau tertolong guna mengurangi resiko kerugian yang lebih besar," Ujarnya.

Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun ada warga yang terluka ringan karena tertimpa dahan pohon pada saat membersihkan longsoran tanah atas nama Tumin (43) yang mengakibatkan luka pada kakinya.

Sambil membantu warga, Babinsa terus memberikan himbauan kepada warga binaanya agar tetap lebih waspada dan hati-hati karena saat sekarang curah hujan yang tinggi dan berpotensi longsor susulan. 

Laporan : Slamet. R

TrendingMore