Wakapolres Way Kanan Bersama Uspika Resmikan Kampung Tangguh di Kecamatan Pakuan Ratu -->
Cari Berita

Advertisement

Wakapolres Way Kanan Bersama Uspika Resmikan Kampung Tangguh di Kecamatan Pakuan Ratu

Wednesday, March 3, 2021


WORLD NEWS //- Wakapolres Way Kanan Kompol Evinater Siallagan bersama Uspika meresmian Kampung Tangguh Nusantara di Kampung Serupa Indah Kecamatan Pakuan Ratu dengan tetap menerapkan Prokes (protokol kesehatan). Rabu (3/3/2021)

Peresmian kampung tangguh dilaksanakan di Balai Desa Kampung Serupa Indah Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Way Kanan.

Kegiatan dihadiri Kasat Binmas Polres Way Kanan Iptu Burhannuddin, Kasat Sabhara Iptu Dewa Gede Anom,  Kapolsek Pakuan Ratu AKP Riffki Bashori,Camat Pakuan Ratu H. Edy Hariyanti,  Babinsa Koramil Pakuan Ratu Serda Didik Taufik, Kepala Puskesmas Serupa Indah Samini, Pjs Kepala Kampung Serupa Indah Dedi Pamolosa,  Perwakilan / Kakam Kecamatan Pakuan Ratu, Bidan Desa, Ketua Pemuda Karang Taruna, tomas, toga dan tamu undangan.

Kapolres Way Kanan AKBP Binsar Manurung melalui Wakapolres menyampaikan apresiasi kepada seluruh Aparatur Kampung Bakti negara, atas kerjasamanya sehingga sampai saat ini masyarakat nya tidak ada yang terpapar Virus Covid 19.

Wakapolres berharap dengan Lounchingnya Kampung Tangguh Nusantara Kampung Serupa Indah bisa lebih meningkatkan penanganan penyebaran Virus Corona, peningkatan sumber Ekonomi serta peningkatan swadaya pangan, sehingga bisa menjadi contoh bagi kampung kampung yang lain, tentu saja hal ini yang paling penting kedepan adalah action penanggulangan pandemi dari masyarakat semua yang hadir saat ini.

Lebih lanjut Kampung Tangguh Nusantara ini di dalamnya ada empat pilar yang harus kita perkuat dalam menghadapinya antara lain.

Pertama tangguh dalam penanganan virus covid 19, ini yang di kedepankan adalah Dinkes, tim gugus, mari kita dukung bersama, dengan cara menyiapkan rumah isolasi, apabila rumah isolasi sudah ada mari kita jaga, kemudian kita edukasikan kepada seluruh masyarakat pentingnya pola hidup sehat 

Selain itu, untuk masyarakat pendatang, kita pastikan bahwa pendatang tersebut tidak terpapar virus covid 19, bagaimana caranya, tamu yang datang wajib melapor dan dilakukan pengecekan, sehingga tidak terpapar virus dari luar dan dapat dideteksi lebih awal.

Kedua tangguh ekonomi yaitu bisa memanfaatkan hasil bumi, tingkatkan pendapatan masyarakat, lalu
ketiga tangguh dalam ketahanan pangan seperti dapat memanfaatkan home industri yang bisa dikelola untuk dapat dipromosikan 

Selanjutnya,  keempat tangguh dalam penanggulangan bencana sehingga apabila ada bencana apa yang harus kita lakukan,  terutama kita semua harus hadir saling tolong menolong, jangan sampai ada yang  memanfaatkan situasi seperti melakukan penjarahan .

Tentu adanya Kampung Tangguh Nusantara Serupa Indah diharapkan kepada masyarakat bisa tertib dengan protokol kesehatan dan harus menerapkan gerakan 5M juga dapat menjadi pilot project untuk menyampaikan kepada masyarakat yang lain.

Seperti contoh apabila ada masyarakat yang meninggal Dunia dan hendak di makamkan secara prokes yang mana jenazah tersebut terpapar Covid -19, jangan sampai ada penolakan,” Pinta Wakapolres.

Usai peresmian Kampung Tangguh Serupa Indah, Wakapolres beserta rombongan meninjau fasilitas pendukung Kampung tangguh seperti  Rumah Isolasi, pengecekan lahan perkebunan sumber daya pangan, pengecekan Posko Kesehatan dan pengecekan Home industri.JUMADI